selamat datang

Selamat Datang di Tempat Para Pembelajar, Semoga Bermanfaat!!!

Selasa, 04 September 2012

Teka-teki Matematika Rumit

Teka-teki matematika ini saya katakan rumit karena untuk menjawabnya, harus benar-benar diperhatikan petunjuk-petunjuknya dan perlu pemahaman matematika. Sebenarnya kerumitan bukan pada cara menghitungnya, tapi cara memahamh soal. Teka-teki ini cocok untuk melatih kemampuan matematika yang Anda kuasai.
Berikut teka-teki matematika rumit.
1. Berapa besar kemungkinan bila dadu dilempar dan nilai mata dadu yang muncul bila dijumlahkan dengan nilai mata dadu di bawahnya berjumlah 6?
2. Sebuah kubus dipotong menjadi 9 kubus kecil dengan panjang rusuk yang sama. Berapa jumlah luas permukaan dan jumlah volume dari 9 kubus kecil tersebut bila panjang rusuknya adalah 9 cm?
3. Bila ada sepotong tali dipotong menjadi 100 bagian, potongan pertama panjangnya 1 cm, potongan kedua panjangnya cm dan seterusnya secara berturut-turut sampai potongan tali terakhir panjangnya 100 cm. Berapa meter panjang tali semula?
Petunjuk:
Teka-teki nomor 1 merupakan teka-teki tentang peluang. Bila punya dadu, gunakan untuk mempermudah memecahkan soal.
Pada teka-teki nomor 2, teka-teki tersebut adalah teka-teki tentang luas permukaan dan volume kubus. Gunakan logika dan perhitungan dalam menjawabnya!
Untuk nomor 3 adalah teka-teki tentang deret aritmetika. Gunakan konsep deret aritmatika untuk memecahkan teka-teki!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar