selamat datang

Selamat Datang di Tempat Para Pembelajar, Semoga Bermanfaat!!!

Minggu, 26 Agustus 2012

Syekh Siti Jenar Ma'rifat dan Kehidupan

Judul : Syekh Siti Jenar Ma'rifat dan Kehidupan
Penulis : Achmad Chodjim
Tebal Halaman : 72 halaman
Penerbit : Serambi

Syekh Siti Jenar merupakan tokoh yang sangat misterius, dan menjadi perdebatan di dunia islam khususnya tanah jawa yang sangat erat dengan mistisme dan pengkultusan.
banyak pro dan kontra terhadap ajaran dari syeh yang mempunyai nama lain syeh lemah abang tersebut, ada yang mengatakan bahwa ajaran beliau adalah ajaran sesat yang mensejajarkan diri dengan Tuhan, atau sebagai penjelmaan Tuhan itu sendiri, namun ada pula yang menilai bahwa ajaran syeh adalah ajaran yang sangat benar dan itu yang paling pokok dari ajaran agama, namun karena diajarkan kepada tingkatan yang belum semestinya dikhawatirkan menyebabkan kekacauan dalam masyarakat sehingga oleh dewan wali harus di singkirkan.
adapula yang mengatakan bahwa syeh siti jenar merupakan gerakan politik dan budaya yang sengaja diciptakan untuk kepentingan tertentu sesuai dengan peta kekuasaan zaman itu, yaitu setelah runtuhnya dominasi kuat kerajaan majapahit dan mulai berpengaruhnya kerajaan Demak.
Buku ini bukanlah sejarah hidup Syekh Siti Jenar, melainkan ulasan ajarannya. Jika buku pertama lebih mengulas eksistensi manusia, buku ini mengupas tauhid, akhlak, dan makrifat Syekh Siti Jenar.
Tauhid yang menjadi landasan pokok dalam beragama ia ajarka hingga tuntas. Sifat 20 tidak diajarkan sebagai sifat Tuhan semata, tapi juga sifat yang disandang oleh hamba-Nya yang Mukmin.
Benar tidaknya suatu ajaran, sesat lurusnya jalan mendekatkan diri kepada Tuhan kita manusia tidak ada yang bisa memastikan, hanya melalui petunjuk dan akal kita bisa memilah, silahkan yang baik diambil yang tidak sesuai silahkan di tinggalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar