selamat datang

Selamat Datang di Tempat Para Pembelajar, Semoga Bermanfaat!!!

Minggu, 26 Agustus 2012

Shogun Buku 1, James Clavell


Pengarang: James Clavell


Sinopsis:
Shogun tahun 1975 adalah novel karya James Clavell. Novel ini menceritakan kehidupan feodal masyarakat Jepang pada tahun 1600 beberapa bulan sebelum pertempuran Sekigahara, dan memberikan penjelasan tentang kebangkitan daimyo “Toranaga” (analog dengan kehidupan nyata Tokugawa Ieyasu) menjadi Shogun Jepang, yang terlihat melalui mata seorang pelaut Inggris yang kapalnya terdampar di perairan Jepang.
John Blackthorne, seorang Inggris dari kapal perang Belanda Erasmus, yang terdampar di pantai Jepang. Dia dan beberapa yang awak selamat dari kapal Belanda diambil tawanan di bawah arahan samurai lokal Kasigi Omi dan disekap pada sebuah lubang selama beberapa hari, hingga, di mata penculik mereka, mereka mulai bertindak seperti ‘beradab laki-laki,’ yaitu, ketika mereka berhenti mengeluh, menuntut kebebasan mereka, berteriak, dll. Daimyo yang menjadi tuan Omi, Kasigi Yabu, datang dan atas saran Omi, Yabu berencana untuk menyimpan senjata dan harta emas perak yang tersimpan di kapal Blackthorne untuk meningkatkan pengaruh sendiri, tapi dia dikhianati oleh seorang samurai yang telah memberitahu tuan Yabu, Daimyo Toranaga, yang mengirim jenderalnya Toda Hiromatsu untuk menyita kapal Erasmus, dan Yabu berkewajiban untuk mengantar Blackthorne, kapal, dan isinya ke Toranaga. Sementara itu, oleh karena orang Jepang tidak bisa mengucapkan namanya Blackthorne diberi nama Anjin, yang berarti “pilot,”
Blackthorne yang diwawancarai oleh Toranaga, dengan imam Yesuit sebagai penerjemah. Blackthorne mengungkapkan ke Toranaga bahwa negara-negara Eropa lainnya bermaksud untuk berlayar ke perairan Asia karena Armada Spanyol telah dikalahkan. Wawancara berakhir ketika saingan utama Toranaga, Ishido, masuk, ingin tahu tentang orang ‘barbar’ Blackthorne. Toranaga kemudian memasukkan Blackthorne ke dalam penjara untuk menjaga dirinya dari Ishido. Di penjara, Blackthorne berteman dengan seorang biarawan Fransiskan, yang mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang penaklukan Jesuit dan perdagangan Kapal Hitam. Kebutuhan Jepang terhadap sutra cina, tapi tidak dapat berhubungan secara langsung dengan Cina. Portugis bertindak sebagai perantara, pengiriman barang oleh Kapal Hitam menghasilkan keuntungan besar. Dengan bantuan si pastor, Blackthorne mulai belajar dasar bahasa Jepang….

Novel ini juga menceritakan perebutan kekuasaan antara Toranaga dan Ishido, dan manuver politik dari Gereja Katolik Roma, khususnya para Yesuit. Ada juga konflik antara daimyo Kristen (yang sebagian didorong oleh keinginan untuk melestarikan dan memperluas kekuasaan Gereja mereka) dan daimyo yang menentang orang-orang Kristen yang mendukung pribumi Shinto, Budha, dan agama lain.

Novel ini dibagi menjadi 8 Buku dengan plot yang sangat rumit, diwarnai kisah cinta, seks, keberanian kewajiban, dan drama politik. Kesaksian seorang pelaut Inggris yang menjadi saksi sejarah tampilnya Toranaga dalam panggung sejarah keshogunan Jepang setelah berhasil mengalahkan para daimyo saingannya dalam perang Sekigahara.

DOWNLOAD Novel Shogun Jilid 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar